RANCANG BANGUN MODEL MONITORING DAN PENGENDALIAN AIR DALAM SISTEM SMART BUILDING BERBASIS IoT

Yulia Setiani, Fitri Yuni Astuti, Sarono Widodo, Arif Nursyahid

Abstract


Instalasi air pada gedung-gedung umumya hanya diatur dengan menggunakan kran manual. Sistem instalasi air tidak dilengkapi dengan pemantauan dan pengendalian penggunaan air pada setiap ruang atau gedung. Rancang bangun pada penelitian ini adalah sebuah solusi untuk menjadikan instalasi air pada gedung mudah dipantau dan dikendalikan jika terjadi kebocoran pipa istalasi atau penggunaan air yang tidak wajar. Sistem  pematauan dan pengendalian berbasis IoT sehingga mudah mendapatkan data penggunaan air secara realtime dan dapat dikendaalikan melalui perangkat smartphone atau web. sistem ini menggunakan sensor flowmeter untuk membaca aliran air dan selenoid valve untuk membuka dan menutup aliran air yang mengalir pada pipa air. data sensor yang dibaca dikirim ke mikrokontroler untuk diolah dan selanjutnya dikirimkan ke internet melalui gateway LoRa. Data yang tersimpan pada database dapat diakses sekaligus dimonitor melalui smartphone dan web. sistem ini dilengkapi dengan pesan sebagai notifikasi kebocoran atau pemakaian air tidak wajar yang dikirimkan melalui telegram.

                                                                                      

Kata kunci :Internet of Things, Pengendali, Pemantau, Instalasi Air

 

 


Full Text:

PDF

References


Alihar, Fadjri . (2018). Penduduk Dan Akses Air Bersih Di Kota Semarang (Population And Access To Clean Water In Semarang City. Jurnal Kependudukan Indonesia , 13(1),67-76.

Prasetya, Ardi Dwi., Haryanto, Wibisono, Kunto Aji . (2020). Rancang Bangun Sistem Monitoring dan Pendeteksi Lokasi Kebocoran Pipa Berdasarkan Analisis Debit Air Berbasis IoT. Elektrikal, 12(1),39-47.




DOI: https://doi.org/10.31884/jtt.v8i1.338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JTT (Jurnal Teknologi Terapan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View Stats

 

 Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)