RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING DETAK JANTUNG MENGGUNAKAN ELEKTROKARDIOGRAF BERBASIS BLUETOOTH DAN LABVIEW

Syah Alam, Sri Hartanto, Ikbal Pratama

Abstract


Elektrokardiograf  (EKG) adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi detak jantung pada manusia yang biasa digunakan di rumah sakit khususnya pada ruang ICU. Pada umumnya alat EKG dikendalikan secara manual menggunakan medium kabel sehingga memiliki keterbatasan jarak dan akses untuk melakukan monitoring. Penelitian ini mengusulkan rancang bangun prototype alat monitoring detak jantung pada manusia dengan berbasis arduino dan labview yang dikomunikasikan menggunakan Bluetooth agar dapat diakases secara efektif menggunakan wireless. Perancangan dilakukan menggunakan sensor elektroda yang dihubungkan dengan penguat awal, band pass filter, penguat akhir, rangkaian clamper dan arduino uno yang dihubungkan dengan modul bluetooth serial HC-05 dan dapat dimonitor menggunakan labview menggunakan Personal Computer (PC). Dari hasil pengujian dan pengukuran,  diperoleh jarak maksimal monitoring adalah 5 meter dengan tanpa halangan serta tingkat keakuratan detak jantung  96.1 % jika dibandingkan dengan detak jantung yang di deteksi dari nadi manusia. Hasil ini menunjukkan bahwa prototype yang diusulkan dapat bekerja dengan baik dan memenuhi syarat untuk dapat diaplikasikan pada sistem pendeketsi detak jantung manusia menggunakan elektrokardiograf.

Full Text:

PDF

References


Arduino, S. A. (2015). Arduino. Arduino LLC.

Datasheet amplifiers AD 620 series. (n.d.). Retrieved Februari 20, 2019, from Analog.com: http://www.analog.com/en/products/amplifiers/instrumentation-amplifiers/ad620.html

Datasheet operational amplifier OP0 series. (n.d.). Retrieved Februari 20, 2019, from all data sheet.com: www.alldatasheet.com/Datasheet+op07

Iskandar, I. A. (2015). PERANCANGAN ELEKTROKARDIOGRAF DENGAN TIGA ELEKTRODA MENGGUNAKAN FPGA SPARTAN-3. TRANSIENT, 4(3), 550-556.

Khan, M. D. (2016). Importance of High Order High Pass and Low Pass Filter. World Applied Sciences Journal, 34(9), 1261-1268.

Mozaffarian, D., Benjamin, E. J., Go, A. S., Arnett, D. K., Blaha, M. J., Cushman, M., Howard, V. J. (2016). Heart disease and stroke statistics-2016 update a report from the American Heart Association. Circulation, 38-48.

Nastiti, A. K., Purwanti, E., & Supardi, A. (2013). Klasifikasi Kelainan Jantung Dengan Metode Transformasi Fourier Dan Jaringan Saraf Tiruan.

Permana, D. (2015). DESAIN DAN IMPLEMENTASI PERANCANGAN ELEKTROKARDIOGRAF (EKG) BERBASIS BLUETOOTH. ALHAZEN Journal of Physics, 2(1).




DOI: https://doi.org/10.31884/jtt.v5i2.215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JTT (Jurnal Teknologi Terapan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View Stats

 

 Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)