PENERAPAN DIZCRETIZE BY FREQUENCY DALAM MENINGKATKAN AKURASI ALGORITMA C4.5 DALAM MEMPREDIKSI CUACA PADA JALUR PANTURA TEGAL-PEKALONGAN-SEMARANG

Kurnia Adi Cahyanto, Fachrul Pralienka Bani Muhamad, Esti Mulyani

Abstract


Cuaca merupakan suatu hal yang sangat vital dalam kehidupan manusia sehari-hari. Hampir seluruh aktifitas yang dilakukan manusia di dunia ini tidak dapat lepas dari keadaan cuaca yang berlangsung. Oleh karena itu, pengamatan cuaca di sini sangatlah diperlukan untuk melakukan prediksi tentang cuaca. Jalur pantura adalah salah satu jalur yang sangat penting bagi pulau Jawa, khususnya jalur pantura Tegal-Pekalongan-Semarang, sehingga dibutuhkan semacam prediksi cuaca untuk mengetahui intensitas hujan di jalur ini. Algoritma C4.5 yang selama ini banyak digunakan untuk melakukan klasifikasi sekaligus prediksi terbukti relatif akurat dalam melakukan proses prediksi ini. Namun, di lain sisi dengan berkembangnya ilmu pengetahuan teknologi komputasi, maka nilai akurasi ini masih dapat ditingkatkan, salah satunya dengan menggunakan discretize by frequency  dalam langkah preprocessing data. Hasil akurasi menunjukkan, bahwa sebelum dilakukan discretize by frequency dalam langkah preprocessing data nilai akurasi C4.5 adalah 72,99% dan setelah dilakukan discretize by frequency dalam langkah preprocessing data nilai akurasi C4.5 meningkat menjadi 86,13%.

Full Text:

PDF

References


Bijleveld, F. and Churchill, T. (2009) ‘The influence of weather conditions on road safety. An assessment of the effect of precipitation and temperature.’, SWOV Institute for Road Safety Research, Leidschendam, 04(3), p. 2.

Cipta, S. P. (2014) ‘Penerapan Algoritma Evolving Neural Network Untuk Prediksi Curah Hujan’, Jtiulm, Volume 1(1), pp. 1–8.

Novandya, Adhika., Oktria, I. (2017) ‘Penerapan Algoritma Klasifikasi Data Mining C4.5 Pada Dataset Cuaca Wilayah Bekasi’, Jurnal Ilmiah Teknik Informatika (FORMAT), 6(2), pp. 98–106.

Novisnky, F., Stevy, H. and Bobanto, M. D. (2017) ‘Pemodelan Sistem Prediksi Intensitas Curah Hujan di Kota Manado Dengan Menggunakan Kontrol Logika Fuzzy’, JURNAL MIPA UNSRAT ONLINE, 6(2), pp. 19–23.

Ommeren, J. van, Koetse, M. J. and Sabir, P. R. M. (2010) ‘Impact of Weather on Daily Travel Demand’, Amsterdam : VU University, Department of Spatial Economics, p. 25. doi: 10.13339/j.cnki.sglc.2017.05.002.

Ratnasari, D. (2017) ‘PENILAIAN PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA SALES OFFICE PT GARUDA INDONESIA (PERSERO) TBK. Palembang, Indonesia’, Politeknik Negeri Sriwijaya.

Subhan, A. and Fanani, A. Z. (2017) ‘PENERAPAN DATA MINING UNTUK MENENTUKAN POTENSI HUJAN HARIAN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES’, FIK UDINUS. doi: 10.1021/jf901375e.

T.P, B. P. and Indah Sari, R. D. (2018) ‘Penerapan Data Mining Untuk Prakiraan Cuaca Di Kota Malang Menggunakan Algoritma Iterative Dichotomiser Tree (Id3)’, Jouticla, 2(2), pp. 101–108. doi: 10.30736/jti.v2i2.68.




DOI: https://doi.org/10.31884/jtt.v5i2.195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JTT (Jurnal Teknologi Terapan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View Stats

 

 Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)