ANALISIS PERBANDINGAN PERENCANAAN METODE CPM PROYEK ICCP MENGGUNAKAN VARIASI PELETAKAN GROUNDBED PADA LINE PIPA GAS EKSISTING PERUSAHAAN PUPUK

Vitalia Dian Novita, Bambang Antoko, Pekik Mahardhika

Abstract


Perusahaan pupuk di Indonesia didirikan untuk memenuhi kebutuhan pertanian dan pangan nasional. Untuk menunjang pelayanan distribusi maupun proses, sistem perpipaan di dalamnya didesain dengan memperhatikan performanya, termasuk pada proteksi katodiknya. Pada salah satu pabrik di perusahaan pupuk yang diteliti sedang memiliki permasalahan proteksi katodik sehingga membutuhkan pergantian sistem proteksi dari SACP yang sudah ada menjadi ICCP. Mengacu pada penelitian sebelumnya dan berdasarkan kondisi area yang sudah ada, variasi penempatan groundbed dapat dilakukan untuk dianalisa mana yang paling tepat digunakan untuk sistem perpipaan di perusahaan pupuk tersebut. Sebanyak 5 titik lokasi telah dipilih berdasarkan pertimbangan kondisi area sesuai dengan sketsa terlampir. Langkah pertama adalah melakukan perhitungan teknis pada masing-masing variasi, kemudian melakukan perencanaan proyek yang selanjutnya dianalisa keunggulan dari hasil perhitungannya. Dari hasil perhitungan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa sistem ICCP dengan menggunakan 2 groundbed tipe 3 adalah yang paling efektif digunakan untuk sistem perpipaan eksisting pada pabrik yang diteliti karena memiliki keunggulan terbanyak dibandingkan variasi yang lain.


Full Text:

PDF

References


Adam, D. N., Prasojo, B., & Mahardhika, P. (2016). Analisa Perbandingan SACP dan ICCP sebagai Proteksi Katodik untuk Underground Trunkline PGDP. 1st Conference on Piping Engineering and Its Application (pp. 92-97). Surabaya: PPNS.

Baboian, R. (2002). NACE CORROSION ENGINEER'S REFERENCE BOOK Third Edition. Texas: NACE INTERNATIONAL.

Fontana, M. (1987). Corrosion Engineering. Singapore: McGraw-Hill Book Company.

Kurniawantoro, F., Wismawati, E., & Bisono, F. (2017). Analisa Pengaruh Variasi Jumlah Groundbed Terhadap Kebutuhan Tegangan Proteksi Pada Metode Proteksi Katodik ICCP Untuk Underground Trunkline PGDP. 2nd Conference Piping Engineering and It’s Application (pp. 610-613). Surabaya: Teknik Perpipaan - PPNS.

Mahardhika, P. (2018). EVALUASI INSTALASI PLUMBING AIR BERSIH RUMAH TIPE 42 MENGGUNAKAN PIPE FLOW EXPERT BERDASARKAN SNI 03-7065-2005 DAN BS 6700. JTT (Jurnal Teknologi Terapan) , 1-6.

NACE RP 0169. (2002). Control of External Corrosion on Underground or Submerged Metallic Piping Systems. Texas: NACE International.

NACE RP 0572. (2001). Design, Installation, Operation, and Maintenance of Impressed Current Deep Groundbeds. Texas: NACE International.




DOI: https://doi.org/10.31884/jtt.v5i1.119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JTT (Jurnal Teknologi Terapan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View Stats

 

 Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)