Studi Eksperimen Konversi LPG Pada Sepeda Motor Berbahan Bakar Bensin

Yusup Nur Rohmat

Abstract


Tingginya pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor serta konsumsi bahan bakar minyak di Indonesia telah menimbulkan masalah terhadap lingkungan dan penyedian bahan bakar ini. Permasalahan ini makin rumit karena [A1]subsidi untuk pengadaannya sangat memberatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Oleh karena itu harus terus dilakukan upaya komprehensif untuk mencari solusi terbaiknya. Dalam makalah ini dibahas hasil penelitian yang bertujuan untuk mengurangi emisi dan menurunkan konsumsi bahan bakar sepeda motor, dengan mengkonversi penggunaan bahan bakar bensin dengan LPG yang biasa digunakan untuk memasak. Pengujian dilakukan di laboratorium menggunakan dinamometer chassis untuk membandingkan torsi, daya, tingkat konsumsi bahan bakar serta biaya operasi, pada sebuah mesin sepeda motor berkarburator menggunakan bahan bakar bensin dan LPG, baik tanpa pengubahan kondisi pengapian maupun dengan mengubah kondisi pengapian. Dari penelitian ini didapatkan bahwa bahan bakar LPG memiliki unjuk kerja yang baik dan dapat digunakan secara langsung tanpa mengubah kondisi pengapiannya. Akan tetapi kinerjanya akan lebih baik jika kondisi pengapiannya disesuaikan. Tingkat konsumsi terbaik LPG adalah 86 km/kg atau senilai Rp.58/km sedangkan bensin 66 km/l atau Rp.98/km.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31884/jtt.v1i1.29

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Teknologi Terapan



View Stats

 

 Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)